• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Jumat,10 Januari 2020 - 14:33:36 Wib - Dibaca : 98852 Kali

Iman dan Amal Shaleh, Tausiah yang Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Rahman di Mushalla Amirul Mukminin Kantor Camat Mandau

Teks foto: Ustadz Ahmad Rahman saat menyampaikan Tausiah di Mushalla Amirul Mukminin

MANDAU - Kegiatan Tausiah yang diikuti oleh seluruh ASN Kantor Camat Mandau oleh Ustadz Ahmad Rahman dengan Tema “Iman dan Amal Shaleh” bertempat di Mushalla Kantor Camat Mandau, Jum’at (10/01/2020).

Iman artinya percaya, menurut istilah, iman adalah membenarkan dan meyakinkan dengan hati, diucapkan oleh lisan, dan diamalkan dengan perbuatan, sedangkan Amal saleh yaitu mengerjakan suatu perbuatan yang baik dengan niat karena Allah dan hanya mengharapkan ridha- Nya.

Di dalam Al-Quran dan hadits shahih sering kali Allah Ta’ala menggandengkan iman dengan amal shalih. Kenapa demikian karena di dalam iman itu sendiri telah tercangkup amal. Hal itu bertujuan untuk penekanan, agar orang tidak menyangka bahwa iman itu cukup dengan hati saja. Karena ada sebagian orang ada yang menyangka bahwa iman itu cukup di dalam hati saja, dan ini merupakan pemahaman yang salah..

Iman dan Amal Shaleh merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena apabila salah satu dari keduanya tiada maka kesempurnaan dari salah satunya akan berkurang. Iman tanpa amal itu hampa sedangkan amal tanpa iman itu percuma. Iman adalah fondasi sedangkan amal adalah implementasi.

Hal ini terlihat dari sabda Nabi SAW: “Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman.” (HR. Ath-Thabrani).

Ustadz Ahmad Rahman dalam ceramahnya menjelaskan Allah ta’ala menjanjikan bagi siapa saja yang menggabungkan antara iman dan amal shaleh akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nahl yahg artinya :

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan  dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl: 97).

Kegiatan tausiah minggu ini dihadiri Kasi dan Kasubbag Kantor Camat Mandau, serta staf Kantor Camat Mandau. Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama oleh ustadz dan seluruh staf yang mengikuti tausiah di Mushalla Kantor Camat Mandau.



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan