• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Jumat,21 Februari 2020 - 10:35:14 Wib - Dibaca : 939 Kali

Tausiah Ustadz Jihad Musral Ritonga “Hidup adalah Ujian” di Mushalla Amirul Mukminin Kantor Camat Mandau


MANDAU – Pemerintah Kecamatan Mandau melaksanakan kegiatan rutin Tausiah yang diikuti oleh seluruh ASN Kantor Camat Mandau Oleh Ustadz Jihad Musral Ritonga dengan Tema “Hidup adalah Ujian” bertempat di Mushalla Kantor Camat Mandau, Jum’at (21/02/2020).

Setiap umat manusia pasti mendapat ujian dalam hidupnya. Apapun ujian yang dihadapi, baik itu masalah pribadi, problem keluarga, perjuangan untuk kemaslahatan umat atau menegakkan agama Allah, semuanya membutuhkan sikap cermat dan kesabaran yang utuh.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan kita hidup di dunia sebelum akhirat untuk menguji siapa yang bersungguh-sungguh melangkahkan kakinya menuju surgaNya dan sebaliknya. Allah menjadikan dunia penuh dengan ujian karena dengan ujian itu Allah akan memilih orang-orang yang berhak masuk ke dalam surgaNya dan siapa yang ia akan masukkan ke dalam api neraka.

Setiap kita harus sadar bahwa kita hidup di dunia tidak akan selamanya. Pastilah setiap orang yang menyatakan “Saya beriman”, Allah akan berikan ujian. Ujian yang diberikan bisa dalam bentuk kesusahan yang menimpanya atau bahkan terkadang dengan kesenangan. Karena kesenangan pun hakikatnya adalah ujian. Allah berfirman yang artinya :

“Dan Kami akan uji kalian dengan kesulitan dan kesenangan sebagai fitnah untuk kalian.” (QS. Al-Anbiya[21]: 35)

Dalam tausiahnya ustadz Jihad Musral menjelaskan bahwa ujian yang di berikan oleh Allah SWT memiliki banyak hikmahnya, diantaranya :

  1. Ujian adalah hadiah dari Allah SWT

Suatu ujian dari Allah SWT, sesungguhnya bukan berarti bahwa Allah SWT bermaksud menganiaya hamba-Nya. Tetapi sebaliknya, ujian merupakan kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya karena dengan ujian tersebut ia akan dapat mengetahui manisnya iman, dzikir, dan taqarrub bilah.

  1. Ujian meningkatkan keimanan

Terkadang, seorang hamba hanya mengingat Allah SWT saat menghadapi ujian, yang dapat menyadarkannya bahwa ia adalah makhluk yang lemah, tidak berdaya, dan membutuhkan pertolongan Allah SWT.

  1. Ujian membuat kita semakin kuat

Apabila kita ditimpa suatu kesulitan, maka itu adalah merupakan suatu pertanda bahwa Allah SWT ingin menjadikan seorang yang kuat. Seseorang tidak akan merasa kemanisan sesuatu apabila tidak melalui sebuah kesulitan, dan sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan, setiap ujian mengandung permata yang berharga bagi orang-orang yang bersabar.

Kegiatan tausiah minggu ini dihadiri Kasi dan Kasubbag Kantor Camat Mandau, serta staf Kantor Camat Mandau. Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama oleh ustadz dan seluruh staf mengikuti tausiah di Mushalla Kantor Camat Mandau.

 



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan