• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

Tupoksi


Uraian tugas dan fungsi masing-masing adalah  sebagai berikut :  

1. Camat

    Camat mempunyai tugas :

    1. Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di Kecamatan.

    2. Kepala dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :

        a. Penyelenggarakan urusan pemerintahan umum;

        b. Penggoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan ktentraman dan ketertiban      

            umum serta penerapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati;

        c. Penggoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum serta penyelenggaraan kegiatan

            pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di Kecamatan; 

        d. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan desa dan kelurahan;

        e. Pelaksanaaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh

            kerja pemerintah kabupaten yang ada di kecamatan; dan

        f. Pelaksanaan fungi lain yang diberikan oleh Bupati.

 


2. Sekretaris Kecamatan

    1. Sekretariat mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam melakukan pembinaan administrasi dan

        memberikan pelayanan teknis administrative kepada seluruh perangkat/ satuan organisasi kecamatan.

    2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana tersebut pada ayat (1) Sekretariat mempunyai tugas :

         a. Penyusunan rencana program kegiatan kecamatan dan pengendalian serta mengevaluasi

             pelaksanaannya;

         b. Penyusunan norma, standarisasi dan prosedur yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintah di

             Kecamatan;

         c. Pelaksanaan administrasi keuangan;

         d. Pelaksanaan Administrasi umum meliputi urusan rumah tangga, kepegawaian, hukum, organisasi dan

             tatalaksana, humas dan perlengkapan;

         e. Pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat/ aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa; dan

         f.  Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat.

    3. Susunan Organisasi Sekretariat, terdiri dari :

         a. Sub Bagian Penyusunan Program, Umum dan Kepegawaian; dan

         b. Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan.

 


a. Sub Bagian Penyusunan Program, Umum dan Kepegawaian

     1. Sub Bagian Perencanaan Program, Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyiapkan bahan-bahan

         bimbingan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta layanan dibidang penyusunan program, umum

         dan kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

      2. Uraian tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut :

          a. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Penyusunan Program, Umum dan Kepegawaian berdasarkan data

              kegiatan tahun sebelumnya dan sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai                    

              dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;

          b. Menghimpun dan mempelajari peraturan perudang-undangan kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk

              teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Penyusunan Program,

              Umum dan Kepegawaian;

          c. Mencari, mengumpulkan, menghimpun, mensistematisasikan dan mengolah data serta menganalisa

              data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Penyusunan Program, Umum dan                                        

              Kepegawaian;

          d. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian

              Penyusunan Program, Umum dan Kepegawaian serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka

              pemecahan masalah;

          e. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakanaan, pedoman dan petunjuk teknis dibidang  Penyusunan

              Program, Umum dan Kepegawaian;

           f. Melakukan koordinasi dan singkronisasi kegiatan dengan bidang dan satuan kerja perangkat daerah

              terkait lainnya;

          g. Mengkoordinir penyusunan dan pembuatan Rencan Kerja Tahunan/ RKT Dinas, Arah Kebijakan Umum

              (AKU) Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENJA SKPD) dan Laporan Pertanggung Jawaban

              (LPJ), RENSTRA serta Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);

          h. Melakukan kordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan pengelolaan

              urusan penyusunan program, umum dan kepegawaian;

           i. Mengarahkan dan mendistribusikan surat masuk dan keluar sesuai dengan kepentingan dan

              permasalahannya;

           j. Meneliti usulan permintaan formasi pegawai dilingkungan kecamatan, dan menyiapkan konsep petunjuk

              penyusunan formasi pegawai sebagai perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan

              kecamatan;

          k. Melakukan pengelolaan perpustakaan, kearsipan kecamatan dan melakukan pendokumentasian

              kegiatan kecamatan;

           l. Mengatur urusan rumah tangga dinas, menata keindahan dan kebersihan kantor, serta keamanan

              lingkungan kantor;

         m. Melakukan tugas dibidang hukum, organisasi dan tatalaksana serta hubungan masyarakat;

         n. Memberikan saran dan pertimbangan kepada sekretaris tentang langkah-langkah atau tindakan yang

             perlu diambil dibidang  tugasnya;

         o. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Penyusunan Program, Umum dan Kepegawaian

             sesuai dengan data yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai

             bahan masukan bagi atasan, dan

         p. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris baik secara tertulis maupun lisan sesuai

             dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelakanaan tugas pada sekretariat.

 


b. Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan

     1. Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai tugas menyiapkan bahan-bahan bimbingan,

         kebijakan, pedoman, dan petunjuk  teknis serta layanan dibidang keuangan dan pelengkapan sesuai

         dengan ketentuan yang berlaku.

     2. Uraian tugas tersebut pada ayat (1) sebagai brikut :

         a. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan berdasarkan data

             kegiatan tahun sebelumnya dan sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan 

             sesuai dengan peraturan, perundang-undangan yang telah ditetapkan;

         b. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk

             teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan ketentuan lainnya yang berhubungan dengan tugas

             Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan;

         c. Mencari, mengumpulkan , menghimpun, mensistematisasikan dan mengolah data serta menganalisa

             data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Sub bagian Keuangan dan Perlengkapan sebagai

             kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan;

         d. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang  berhubungan dengan tugas Sub Bagian Keuangan

             dan Perlengkapan serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;

         e. Mengusulkan kepada sekretaris tentang penunjukan bendahara pengeluaran, pembantu bendahara

             pengeluaran penyimpan barang, pengurus barang dan pembantu pengurus barang;

         f. Melakukan pengawasan, pengendalian dan mengevaluasi terhadap kinerja bendahara pengeluaran,

             pembantu bendahara pengeluaran penyimpan barang, pengurus barang dan pembantu pengurus

             barang;

         g. Melakukan dan mempersiapkan bahan dan data untuk penyusunan rencana kebutuhan barang;

         h. Melakukan pengawasan erhadap inventaris barang serta membuat kartu inventaris barang (KIB) dan

             membuat Kartu inventaris Ruangan (KIR);

          i. Melaksanakan pengelolaan adminstrasi keuangan yang mencakup administrasi gaji pegawai, insentif 

             tenaga kerja sukarela, PNS, melakukan usulan kenaikan gaji berkala serta melakukan pembukuan,

             membuat laporan pertanggung jawaban (LPJ) keuangan, evaluasi dan laporan kegiatan keuangan dinas;

          j. Mengatur perlengkapan kantor, penataan dan pengamanan aset, tindak lanjut LHP, ganti rugi serta

             proses administrasi perjalanan dinas pegawai sesuai petunjuk  atasan;

          k. Memberikansaran dan pertimbangan kepada sekretaris sebagai bahan masukan untuk penentuan

              kebijakan lebih lanjut;

           l. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan sebagai bahan

              pertanggung jawaban ; dan

         m. Melaksanakan tugaslain yang diberikan oleh sekretaris baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan

              bidang tugasnya dalam rangka klancaran pelaksanaan tugas pada Sekretariat.

SEKSI – SEKSI

A. SEKSI TATA PEMERINTAHAN

    1. Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas membantu Camat dalam menyiapkan bahan-

        bahan bimbingan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta layanan dibidang

        pemerintahan kecamatan, pemerintahan kelurahan dan pemerintahan desa serta

        dibidang pertanahan dan kependudukan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    2. Uraian tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut :

        a. Merencanakan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan dengan sumber data yang ada, sesuai

            dengan kebijakan dan  peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;

        b. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis,

            pedoman dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan

            tugas Seksi Tata Pemerintahan sebagai pedoman  dan landasan kerja;

        c. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mensistemasikan dan mengolah data serta

            menganalisa data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Tata Pemerintahan

             sebagai kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan;

        d. Merumuskan dan melaksanakan pengumpulan, penghimpunan dan pengolahan data dan

            informasi yang berhubungan dengan Seksi Tata Pemerintahan;

        e. Merumuskan dan melaksanakan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang

            berhubungan dengan Tata Pemerintahan serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan

            masalah;

         f. Merumuskan dan melaksanakan pengumpulan bahan dan menyiapkan analisa dan saran

            dalam rangka penyelesaian perselisihan antar wilayah/ Desa;

         g. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan, penyusunan pedoman dan petunjuk

             teknis hubungan kordinasi dan kerjasama antar pimpinan pemerintahan dan lembaga

             terkait lainnya dalam kecamatan;

         h. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan, penyusunan dan petunjuk teknis

             pembinaan administrasi pemberian izin mendirikan Bangunan (IMB) dan

             Rekomendasinya;

          i. Melaksanakan urusan pembinaan pemerintah umum, dan pembinaan pemerintahan Desa

             dan Kelurahan di antaranya :

              1. Melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintah Desa dan

                  Kelurahan;

              2. Memberikan bimbingan, suvervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi

                  Desa dan Kelurahan;

              3. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja Lurah serta perankatnya.

            j. Melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa dan BAdan perwakilan

               Desa (BPD), fasilitasi penataan Desa dan kelurahan dan fasilitasi penyusunan peraturan

               Desa serta fasilitasi dalam penyelenggaraan kerjasama dan penyelesaian perselisihan

               antar Desa;

            k. Melaksanakan pengambilan sumpah/ janji dan pelantikan Kepala Desa, Pimpinan dan

                Anggota Badan Perwakilan Desa (BPD);

             l. Melaksanakan pendataan, pembinaan administrasi kependudukan serta pemberian

                Rekomendasi dan surat Keterangan dibidang kependudukan, seperti Surat Keterangan

                Domisili, Rekomendasi Pasport dan lainnya;

            m. Menyelenggarakan pembinaan keagrariaan dan pemberian surat keterangan yang

                 berhubungan dengan pertanahan (SKGR, SKT, Hibah dan Lainnya);

             n. Melaksanakan penyelesaian sengketa tanah dan tapal batas diwilayah kecamatan;

             o. Melaksanakan pembinaan politik dalam negeri di wilayah Kecamatan;

             p. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (UPT) dan instansi vertical

                 dibidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan diwilayah kecamatan;

          q. Melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;

           r. Melakukan koordinasi dan singkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat

              daerah (UPTD) dan instansi vertical dibidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan

              di wilayah kecamatan;

          s. Memberikan saran dan pertimbangan kepada camat sebagai bahan masukan untuk

               penentuan kebijakan lebih lanjut;

           t. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi Tata Pemerintahan sesuai dengan

              sumber data yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan

              sebagai bahan masukan bagi atasan, dan

          u. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat baik secara tertulis maupun

              lisan sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas

              kecamatan.

 


  B. SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

      1. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa mempunyai tugas membantu camat dalam menyiapkan

          bahan-bahan bimbingan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta layanan dibidang

          pembinaan pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian, produksi dan distribusi

          sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

      2. Uraian tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut :

          a. Merencanakan kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa dengan sumber data

              yang ada, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang telah

              ditetapkan;

          b. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman

              dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Seksi

              Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai pedoman dan landasan kerja;

          c. Mencari , mengumpulkan , menghimpun dan mensistemasikan dan mengolah data serta

              menganalisa data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Seksi Pemberdayaan

              Masyarakat dan Desa sebagai kerangka acuan/ pedoman penyusunan rencana kegiatan;

          d. Merumuskan dan melaksanakan pengumpulan, penghimpunan dan pengolahan data dan  

              informasi yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat;

          e. Merumuskan dan melaksanakan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang

              berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat serta menyiapkan bahan petunjuk

              pemecahan masalah;

          f. Mengkoordinir dan pendataan terhadap pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) dan

             retribusi daerah diwilayah kecamatan;

         g. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan petunjuk teknis

             pembinaan administrasi pemberian perizinan dan rekomendasi di bidang perindustrian,

             perdagangan dan inventarisasi seperti SITU,SIUP, TDP, TDI dan izin Reklame;

         h. Memberikan rekomendasi di bidang pertambangan dan energi serta bidang perekonomian

             lainnya;

          i. Merumuskan dan melaksanakan pembuatan monografi dan profil desa, kelurahan dan

             kecamatan;

          j. Melaksanakan usaha peningkatan partisipasi dan swadaya gotong-royong masyarakat di

             wilayah kecamatan;

         k. Memberikan dorongan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan

             pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan

             di desa, kelurahan dan kecamatan;

          l. Melakukan pemantauan, pengawasan dan membuat surat pertanggungjawaban terhadap

             penggunaan dana POD Desa dan melakukan evaluasi semua kegiatan pembangunan di

             wilayah kecamatan;

        m. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah

             maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat

             diwilayah kerja kecamatan;

         n. Melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah

             kecamatan baik  yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;

         o. Melakukan koordinasi terhadap pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat dan

             pembinaan kegiatan pemberdayaan masyarakat;

         p. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Camat sebagai bahan masukan untuk

             penentuan kebijakan lebih lanjut;

         q. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi pemberdayaan masyarakat dan desa sesuai

             dengan sumber data yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk

             dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

         r. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat baik secara tertulis maupun lisan

            sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kecamatan.

 


   C. SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM

        1. Seksi ketentraman dan ketertiban umum mempunyai tugas membantu camat dalam

            menyiapkan bahan-bahan bimbingan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta

            layanan dibidang ketentraman dan ketertiban umum serta pembinaan polisi pamong praja

            di Kecamatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

       2. Uraian tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut :

           a. Merencanakan kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dan desa dengan sumber

               data yang ada, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang telah

               ditetapkan;

           b. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman

               dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas seksi

               ketentraman dan ketertiban umum sebagai pedoman dan landasan kerja;

          c. Merumuskan dan melaksanakan, pengumpulan , penghimpunan dan pengolahan data dan

              informasi yang berhubungan dengan ketentraman dan ketertiban umum;

          d. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mensistemasikan dan mengolah data serta

              menganalisa data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Ketentraman  dan

              Ketertiban Umum sebagai kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan.

          e. Merumuskan dan melaksankan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang

              berhubungan dengan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta menyiapkan bahan

              petunjuk pemecahan masalah;

           f. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan petunjuk teknis

              pembinaan administrasi pemberian perizinan gangguan (HO) dan rekomendasinya;

           g. Melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban di wilayah kecamatan dan pemberian

               rekomendasi kecamatan;

           h. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan petunjuk teknis pemberian

               surat izin berkantor

            i. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap satuan polisi pamong praja

               kecamatan;

            j. Melaksanakan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa di wilayah kecamatan;

           k. Melakukan koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Tentara Republik

               Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban

               Umum di wilayah kecamatan;

            l. Melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang tugas dan fungsinya

               dibidang penerapan peraturan perundang-undangan dan dengan Kepolisian Negara

               Republik Indonesia dibidang penegakan peraturan perundang-undangan di wilayah kecamatan;

          m. Melakukan koordinasi dengan pemuka agama yang berada diwilayah kecamatan untuk

               mewujudkan Ketentraman dan Ketertiban Umum masyarakat;

          n. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Camat sebagai bahan masukan untuk

              penentuan kebijakan lebih lanjut;

          o. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat baik secara tertulis maupun lisan

               sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kecamatan.

  D. SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN BUDAYA

       1. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Budaya mempunyai tugas membantu Camat dalam

           menyiapkan bahan-bahan bimbingan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta layanan

           dibidang kesejahteraan sosial dan budaya yang meliputi pelayanan umum, bantuan sosial,

           pembinaan kepemudaan, pemberdayaan perempuan dan olahraga diwilayah

           kecamatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

       2. Uraian tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut :

           a. Merencanakan kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial dan Budaya dengan sumber data yang

               ada, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;

           b. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman

               dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Seksi

                Kesejahteraan Sosial dan Budaya sebagai pedoman dan landasan kerja;

           c. Mencari, mengumpulkan , menghimpun dan mengsistemasikan dan mengolah data serta

               menganalisa data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Seksi Kesejahteraan

               Sosial dan Budaya sebagai sebagai kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan;

           d. Merumuskan dan melaksanakan pengumpulan, penghimpunan dan pengolahan data dan

               informasi yang berhubungan dengan Seksi Kesejahteraan Sosial dan Budaya;

           e. Merumuskan dan melaksanakan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang

               berhubungan dengan kesejahteraan sosial dan budaya serta menyiapkan bahan petunjuk

               pemecahan masalah;

            f. Merumuskan dan melaksanakan kegiatan MTQ, HUT RI, HUT LAM, dan peringatan HUT

               lainnya tingkat Kecamatan;

            g. Merumuskan dan melaksanakan pemberian BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan JAMKESMAS

                kepada masyarakat;

            h. Melakukan fasilitasi pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama dan lembaga adat

                serta suku terasing;

             i. Melakukan fasilitasi kegiatan organisasi sosial/kemasyarakatan dan lembaga swadaya

                masyarakat (LSM);

             j. Melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana alam dan pengungsi dan masalah

                sosial;

            k. Merumuskan dan menginventarisir dalam pelaksanaan pemberian RASKIN di wilayah

                kecamatan;

            l. Memberikan saran dan pertimbangan kepada camat sebagai bahan masukan untuk

               penentuan kebijakan lebih lanjut;

          m. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial dan Budaya sesuai

                dengan sumber data yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk

                dipergunakan sebagai bahan masukan bagi Atasan; dan

           n. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat baik secara tertulis maupun lisan

               sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kecamatan

 


<