• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Selasa,29 Oktober 2019 - 14:50:36 Wib - Dibaca : 1711 Kali

Kasi PMD Rudi Hartono : Seklur Dan Sekdes Pantau Operator Dalam Penginputan Data Prodeskel

Teks foto: Foto : Operator Se-Kecamatan Mandau saat mengikuti pembinaan Profil Desa/Kelurahan (Prodeskel) Tahun 2019, di Gedung Bathin Betuah, Selasa, 29 Oktober 2019.

Profil Desa/Kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa/kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa.

Dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral, perlu disusun data profil desa dan kelurahan, bahwa data profil desa dan kelurahan perlu didayagunakan untuk mendorong perkembangan desa dan kelurahan.

Camat Mandau yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Rudi Hartono dalam sambutannya  menyampaikan Data Profil Desa/Kelurahan yang di input oleh masing-masing Desa/Kelurahan ini nantinya akan didapatkan data dasar yang menggambarkan secara utuh mengenai karakteristik suatu Desa/Kelurahan.

Kasi PMD melanjutkan sambutannya, Data profil Desa/Kelurahan nantinya juga dijadikan data sebagai pertimbangan dalam perencanaan pembangunan untuk  kemajuan Desa/Kelurahan tersebut.

“Disini kami harapkan kepada seluruh operator agar selalu memperbaharui data profil Desa/Kelurahan yang selalu mengalami perubahan setiap bulannya, terutama pada data kependudukan ada warga yang pindah masuk dan keluar serta yang meninggal,” harap Kasi PMD.

“Kami lihat hingga saat ini proses pelayanan surat-menyurat dari kelurahan melalui register Camat untuk dilanjutkan ke Disdukcapil itu sangat banyak, tentunya data perubahan ini harus kita input agar data yang kita input itu akurat,” lanjut Rudi Hartono.

“Khusus kepada rekan-rekan sekretaris Kelurahan dan Sekretaris Desa, disini kami juga berharap Bapak/Ibu untuk selalu memantau penginputan data yang dilakukan oleh operatornya masing-masing,” tegas Kasi PMD.

Rudi Hartono menghimbau kepada  seluruh operator yang mengalami kendala dalam penginputan di Desa/Kelurahan masing-masing agar sama-sama didiskusikan dalam forum ini dan mendapat solusi sebagai jalan keluarnya karena ada narasumber Yaitu Kasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Riau Andryco yang akan membantu menyelasaikan kendala tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh Kepala Seksi Evaluasi Perkembangan dan Kerja Sama Desa Kabupaten Bengkalis Muhammad Febri, Admin Prodeskel Afrizal, Sekretaris Kelurahan dan Desa Se-Kecamatan Mandau, Korcam Pendamping Pembangunan dan Ekonomi serta Operator penginput profil Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Mandau.



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan