• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Kamis,09 April 2020 - 20:25:44 Wib - Dibaca : 1066 Kali

Hari ini, Desa Bathin Betuah Wakili Kecamatan Mandau Dalam Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bengkalis


Mandau - Lomba Desa dan Kelurahan merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Desa dan Kelurahan.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali melaksanakan lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten. Pada hari ini, Desa Bathin Betuah dilakukan penilaian oleh tim evaluasi perkembangan desa yang diketuai oleh Elmi Rizal dan terdiri dari beberapa Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Bengkalis yaitu Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta  Satpol PP bertempat di Aula Kantor Desa Bathin Betuah. Kamis (09/04/2020).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Elmi Rizal mengatakan "Perlombaan desa yang menjadi program nasional untuk menakar kemajuan desa dalam perspektif sosio ekonomi dan pemerintahan harus kita pertahankan. Penyelenggaraan perlomban desa tidak boleh kehilangan aura sosialnya. Dalam artian harus berbanding lurus dengan tingkat peningkatan partisipasi masyarakat, karena pengembangan desa adalah pilar pembangunan nasional," ujar Elmi

Melanjuti sambutannya, Elmi Rizal menyampaikan "Adapun Indikator penilaiannya meliputi bidang Kemasyarakatan, bidang Inovasi, bidang Ekonomi serta bidang Sosial Budaya dan Agama," lanjut Elmi Rizal.

Camat Mandau yang diwakili oleh Kasi PMD Rudi Hartono dalam sambutannya menyampaikan "tujuan diadakannya lomba desa yakni untuk memotivasi setiap desa agar dapat meningkatkan kinerja dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat serta untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dan daya saing desa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ," Ungkap Kasi PMD.

"Juara bukanlah satu satunya tujuan dari adanya perlombaan desa. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kelanjutan program-program itu dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Sehingga hal itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutup Kasi Rudi.

Turut hadir Kepala Desa Bathin Betuah, Ketua TP-PKK Desa Bathin Betuah, Ketua BPD Desa  Bathin Betuah, Kader Posyandu, Pendamping Desa Bathin Betuah, Tokoh Mayarakat dan Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya.



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan