• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Sabtu,19 September 2020 - 20:18:11 Wib - Dibaca : 1514 Kali

World Clean-Up Day (WCD) 2020, Camat Mandau Minta Masyarakat  Lakukan Aksi Bersih-bersih Sampah


MANDAU - Memperingati World Clean-up Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sampah Sedunia, masyarakat Kelurahan Pematang Pudu ( RW 02, RW 15, RW 16) dengan jumlah ± 300 orang ikut berpartisipasi dalam kegiatan WCD Indonesia 2020 berupa gotong royong dan bincang bengkalis bersih.

World Cleanup Day (WCD) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah. World Clean-up Day pertama kali diadakan pada tanggal 15 September 2018 yang dilakukan serentak di 157 negara, menyatukan 18 juta orang dari seluruh dunia dan mengumpulkan 88.500 ton sampah. Pada tanggal 21 September 2019 WCD kedua berhasil dilakukan serentak di 180 negara, menyatukan 21,2 juta orang dan mengumpulkan 100.000 ton sampah. Indonesia menorehkan sejarah sebagai pemimpin Clean-up terbesar di dunia pada  dua tahun berturut-turut.

Kegiatan WCD tahun 2020 ini berupa “Aksi Cleanup dan Pilah Sampah Dari Rumah”. Tema kegiatan ini adalah “Bersatu Untuk Indonesia Bersih” yang relevan dengan kondisi wabah covid-19 saat ini yang sedang dihadapi seluruh dunia.

Dalam sambutannya, Camat Mandau Riki Rihardi menyampaikan "Kami dari Pemerintah Kecamatan Mandau mengapresiasi kegiatan WCD yang sudah dilakukan sejak tahun 2018, hal ini sangat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah" Ujar Riki.

"Kita berharap kegiatan gotong royong ini tidak dijadikan peringatan tahunan saja, tapi harus kita laksakan dan dijadikan kebiasaan sehari-hari agar tempat tinggal kita menjadi bersih dari sampah dan nyaman untuk kita tinggali" pungkas Riki.

Camat Mandau menambahkan, dalam peringatan WCD 2020 masyarakat diajak menggalakkan kembali aksi pilah sampah dari rumah dan aktif membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah dengan tidak membuang sampah sembarangan, dapat memilah dan mengolah sampah, terlebih bisa menggerakkan lingkungannya untuk lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan.

“Paradigma pengelolaan sampah ‘kumpul-angkut-buang’ harus kita ubah menjadi ‘pilah-kumpul-jual, sehingga tidak lagi memandang sampah sebagai sesuatu yang tidak berguna dan harus dibuang, melainkan sampah juga sebagai bahan/sumber daur ulang yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. Pemilahan dan pengolahan sampah dari rumah tentunya dibutuhkan komitmen yang kuat dari semua pihak baik dari unsur pemerintah, komunitas, maupun masyarakat. Harapan kami, dengan adanya peringatan WCD ini, mudah-mudahan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bisa tumbuh kembali. Kebersihan adalah segalanya untuk lingkungan kita saat ini, karena jika lingkungan tidak bersih maka akan menimbulkan banyak penyakit. Terlebih, saat ini masih ada wabah Covid-19 yang mengharuskan kita semua peduli akan kebersihan sehingga bisa terhindar dari beragam virus dan penyakit,”  jelas dan tutup Riki Rihardi

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekcam Mandau, Kasi dan Kasubbag Kantor Camat Mandau, Lurah Pematang Pudu dan staff, Kepalan UPT Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Mandau, Ketua RW dan RT se-Kelurahan Pematang Pudu serta tamu undangan lainnya



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan