• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Sabtu,06 Maret 2021 - 20:35:51 Wib - Dibaca : 1836 Kali

Bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Mandau, Camat Mandau Panen Sayur Kelompok Dasawisma Mawar Kelurahan Air Jamban


MANDAU – Sore ini, Kelompok Dasawisma Mawar Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau memanen tanaman sayur hasil dari program kerja mereka yaitu Bayam, Kangkung dan juga buah Timun. Sabtu (06/03/2021).

Dasawisma merupakan program kerja PKK mulai dari pusat sampai ke desa, yang terdiri dari 10 – 20 Ibu Rumah Tangga dari setiap kepala keluarga (KK) dalam satu RT. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua. Dasawisma ini bertujuan untuk memberdayakan Ibu Rumah Tangga dan mensukseskan berbagai program PKK di lingkungannya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Camat Mandau Riki Rihardi dan juga Ketua TP-PKK Kecamatan Mandau Dewi Asdinar yang dilaksanakan di Jln. PLTD RT 05 RW 13 Kelurahan Air Jamban.

Kelompok Dasawisma Mawar ini baru berjalan selama dua bulan, diketuai oleh Ibu Uminorita yang beranggotakan 19 orang. Adapun Dana untuk komunitas Dasawisma Mawar ini berasal dari swadaya masyarakat RT 05 RW 13 Kelurahan Air Jamban.

Camat Mandau Riki Rihardi dalam kunjungannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kelompok Dasawisma Mawar yang diketuai oleh Uminorita atas keberhasilannya dalam pemanfaatan lahan dan pekarangan yang mereka kelola.

“Ini hasil kerja yang luar biasa, banyak manfaat yang bisa dipetik dari keberhasilan pemanfaatan lahan dan pekarangan, selain sebagai komsumsi keluarga tapi juga hasilnya dapat dijual ke pasar sebagai tambahan penghasilan bagi keluarga”, Ungkap Camat Riki

Lebih lanjut, Riki Rihardi menambahkan “Kegiatan Dasawisma  ini juga selaras dengan salah satu program Bupati Bengkalis kita yaitu Program pemberdayaan masyarakat. Mudah-mudah dengan adanya program dari Bupati kita ini bisa membantu dan memajukan kelompok-kelompok yang ada seperti  Dasawisma ini,” lanjut Camat Riki

“Kami berharap kepada kelompok Dasawisma Mawar ini nantinya agar membentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), agar kegiatan yang dilaksanakan bisa mendatangkan income/pendapatan sehingga bisa mensejahterakan anggotanya,” tutup Riki Rihardi.

Ketua PKK Kecamatan Mandau juga menyampaikan hal yang senada “Saya selaku Ketua PKK Kecamatan Mandau sangat bangga terhadap kelompok Dasawisma  Mawar ini karena hanya dengan waktu dua bulan saja sudah bisa memanen tanaman sayur yang mereka kelola” ujar Dewi Asdinar

Lanjut keterangannya, Dewi Asdinar mengatakan “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pemberdayakan masyarakat yang dilakukan oleh kader PKK untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga,” lanjut Ketua PKK Dewi Asdinar.

Ketua Komunitas  Dasawisma Mawar Uminorita mengatakan keberhasilan panen Sayur Bayam, Kangkung dan buah Timun ini tidak terlepas dari kerja sama dan kekompakan seluruh  anggota  kelompok  Dasawisma Mawar. InsyaAllah hasil panen ini akan dijual kemudian hasilnya akan kami kelola lagi untuk kebutuhan kelompok Dasawisma Mawar ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Syafroni Untung, Sekretaris Kelurahan Air Jamban, Anggota kelompok Dasawisma Mawar Kelurahan Air Jamban, Ketua RT 05 dan RW 13 serta masyarakat setempat.

 



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan