• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Jumat,09 Agustus 2019 - 06:47:pm Wib - Dibaca : 1688 Kali

Jangan Represif, tapi lakukan Persuasif Dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima


Duri - Setelah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-62 Provinsi Riau Tahun 2019 di halaman Kantor Camat Mandau,  Camat Riki Rihardi pimpin apel bersama pasukan penertiban Operasi Gabungan yang terdiri dari anggota TNI, POLRI, Satpol PP Kecamatan Mandau dan Kabupaten Bengkalis, UPT Parkir Kecamatan Mandau, Keamanan Pasar di bawah naungan UPT Perlindungan Konsumen dan Pengembangan Industri Kecil , Satgas Kebersihan di bawah naungan UPT Pengelolaan Sampah,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Pemerintah setempat, Jumat(09/08/19).

Kegiatan ini dilakukan setelah surat pemberitahuan yang terakhir pada tanggal 7 Agustus 2019 kemarin diberikan kepada para pedagang kaki lima yang berada di badan jalan raya sepanjang pasar sudirman duri.  Hal ini demi terciptanya kebersihan dan keindahan serta tertib berdagang di Kecamatan Mandau.

Camat Mandau dalam arahannya menyampaikan “Pihak Kecamatan Mandau sudah tiga kali memberikan surat kepada para pedagang kaki lima, untuk  tidak berjualan di pinggir jalan yang memakan badan jalan”, ujar Camat Mandau.

“Oleh karena itu, pada hari ini kita lakukan penertiban, saya minta lakukan penertiban ini jangan represif selagi masih bisa persuasif laksanakan persuasif. Atau dengan kata lain sentuh hatinya terlebih dahulu namun jika tidak diindahkan kita boleh lakukan tindakan yang selayaknya dilakukan tapi tidak melakukan tindakan fisik kepada mereka. Kita hanya memberikan peringatan namun tidak memberikan arahan yang akibatnya represif saya harapnya begitu, itu represif kegiatan terakhir yang kita lakukan ”, jelas Camat Riki.

Camat Riki juga mengingatkan kepada petugas penertiban “Kembali kita kilas pada 5 atau 6 tahun silam, bahwa pedagang kaki lima tersebut telah diberikan uang sagu hati oleh pemerintah setempat  agar  menempati gedung Pasar Serba Guna yang berada di syarif Kasim, tapi tidak diindahkan oleh para pedagang kaki lima’, tegas  Camat Mandau.

Dalam acara yang sama Kabid Trantibum dan PPD Kabupaten Bengkalis Hengki Irawan  juga menyampaikan hal yang senada “agar kita santun sesuai arahan pak camat karena mereka bukan musuh kita Untuk itu pada hari ini kami berharap kepada bapak-bapak, ibu-ibu, dan rekan-rekan agar bertindak sesuai aturan ”, Ujar Pak Hengki.

Di Lain Pihak Ketua LAMR Mandau  Zulfikar Indra mewakili semua tokoh adat yang ada dikecamatan mandau Juga menjelaskan “telah menghimbau para pedang kaki lima dengan menggunakan mobil bak terbuka bersama tokoh masyarakat lainnya pada beberapa hari lalu, dan tentu saja itu tak semudah yang kita bayangkan kerena ada yang setuju dan ada juga yang tidak setuju. Padahal kita melakukan itu  agar lebih dekat lagi dengan para pedagang yang mana  tujuannya untuk dapat mengindahkan aturan yang telah diberikan kepada para pedagang,” ujar Tokoh Masyarakat Melayu Duri.

“Setelah penertiban ini hendaknya diletakkan petugas piket pada tempat yang telah dibersihkan secara berkesinambungan sebagai tindak lanjutnya, agar kerja kita hari ini tidak sia-sia dan tidak terulang kembali”, pungkas Zulfikar Indra.



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan