• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Sabtu,24 Agustus 2019 - 15:19:53 Wib - Dibaca : 1501 Kali

Komunitas Se-Duri Selenggarakan Peringatan HUT RI Ke-74

Teks foto: Foto : Pertunjukan Teatrikal Puisi Oleh Siswa Tingkat SMA Sederajat

Duri - Semakin berkembangnya Kota Duri juga memungkinkan semakin banyaknya komunitas-komunitas baru yang ada di Kota Duri ini. Dengan  momentum kemerdekaan ini Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Duri bersama Komunitas yang ada di Kota Duri menggelar acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di halaman Kantor Camat Mandau, Sabtu (24/08/19).

Acara yang dilaksanakan selama dua hari ini mulai tanggal 24 Agustus s/d 25 Agustus 2019 dengan tema  “Merdeka dan Bersatu” yang didukung oleh 19 Komunitas yang ada di Duri.

Camat Mandau yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial dan Budaya Yoan Dema menghadiri sekaligus membuka resmi acara yang ditata oleh MRI dan Komunitas se-kota Duri  tersebut.

Dalam sambutannya Yoan Dema menyampaikan “Pemerintah Kecamatan Mandau sangat mengapresiasi kepada Panitia yang telah melaksanakan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, dengan adanya acara seperti ini agar dapat meningkatkan kreatifitas baik itu dalam masalah sosial dan kemanusiaan, karena komunitas-komunitas yang hadir pada acara ini adalah komunitas yang berhubungan dengan sosial dan kemanusiaan,” ujar Kasi Kesosbud.

“Kami berharap dengan adanya acara ini mudah-mudahan para komunitas-komunitas kemanusiaan yang ada di kota duri tidak pernah bosan dengan apa yang akan diusahakan dan dikerjakan demi menolong sesama, kami mengetahui bahwa dana untuk melakukan kegiatan sosial ini tidak terlalu besar tapi semangat yang ada pada diri kita perlu kita tingkatkan karena yakinlah bahwa apa yang kita kerjakan hari ini diakhirat mungkin mendapat balasan yang baik dari Allah SWT,” harap dan doa Yoan Dema.

Ketua ACT Duri yang diwakili oleh Muhammad Auzar serta perwakilan dari  seluruh Komunitas yang ada di Kota Duri dalam sambutannya Sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Mandau yang telah mendukung acara yang ditata oleh MRI dan komunitas se-kota Duri ini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan dengan melibatkan seluruh komunitas-komunitas yang ada di Kota Duri ini.  Mudah-mudahan dengan kehadiran komunitas-komunitas ini bisa menjadi penunjang bagaimana menghidupkan kegiatan-kegiatan yang ada di Kecamatan Mandau dan juga untuk memajukan kota Duri yang kita cintai ini,” ujar Auzar.

“Harapannya agar lebih bersinergi lagi dan kegiatan ini nantinya bisa menjadi perkumpulan dan silahturahmi antar komunitas yang nantinya akan kita buat dan kembangkan lagi dalam kegiatan-kegiatan lainnya,” harap Auzar.

Fajri  MRI sebagai Ketua Pelaksana acara ini menyampaikan “sesuai dengan logo HUT ke-74 RI Sdm Maju Indonesia Unggul untuk itu mari kita bersatu bersama mengumpulkan seluruh komunitas yang ada di Kota Duri ini untuk mengarahkan pemuda/i kearah yang lebih baik serta membangkitkan semangat demi kemajuan Kota Duri kita ini ,” ucap Fajri.

Dalam kegiatan ini, tidak hanya memperlombakan permaianan rakyat, tetapi juga ada ada perlombaan di bidang olahraga, pendidikan, agama dan lainnya. Pesertanya adalah siswa/i yang ada dikota Duri  mulai dari tingkat TK/PAUD hingga SMA sederajat yang mana pendaftarannya tidak dipungut biaya.

Sebelum rangkaian acara masuk pada intinya kegiatan ini dimulai dengan perkenalan Komunitas yang ada di Kota Duri, juga pembacaan gema wahyu ilahi untuk kelancaran jalan acara serta pertunjukan teatrikal puisi oleh siswa SMA sederajat yang ada di Kota Duri.

Selama kegiatan berlangsung Rumah Baca Duri juga mendirikan stand baca bagi pengunjung juga tidak  dipungut biaya. D3R (Duri Donor Darah Riau) juga menyediakan masker gratis untuk pengunjung acara. Selain itu stand lainnya juga ikut berpartisipasi untuk memeriahkan acara tersebut.

Adapun komunitas yang terlibat pada kegiatan ini yaitu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Rumah Baca Duri (RBD), Sedekah menuju Jannah (Komunitas Sunnah), Dewan Dakwah Indonesia Kecamatan Mandau, Sahabat Qur’an, Al Kaffah Duri Dakwah Center, Gerakan Antar Sedekah (GAS), Pundi Amal Duri (PADU), Muslimah Inspiring Duri (MUIN), Gatra Archery, Komunitas kotak amal (KOMAL), Rimba Satwa Foundations (RSF), Life For Ummah Duri (LFU), Himpunan Penggiat Alam (HIPAM), KOPA GAM JAGUAR, Forum anak Mandau, Donar darah duri riau (D3R), pemuda Alfatih, Forum anak bathin solapan.



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan