• Mewujudkan Kantor Camat Mandau Sebagai Pemerintahan Yang Berwibawa, Transparan Dan Bertanggung Jawab

  • Rabu,30 November 2016 - 12:26:am Wib - Dibaca : 1586 Kali

Perbup Pilkades Serentak Telah Keluar, Sekodi Mulai Lakukan Persiapan

Teks foto: Kepala BPMPD Kabupaten Bengkalis, H Ismail

BENGKALIS -Peraturan Bupati (Perbup) Bengkalis tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak sudah diterbitkan. Sebanyak 94 desa akan melaksanakan Pilkades serentak yang diselenggarakan Desember 2016, Desa Sekodi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkalis, H Ismail, Minggu (17/7/2016) mengatakan, Perbup Nomor 16 Tahun 2016 merupakan petunjuk pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Bengkalis . 

Dipaparkan Ismail, langkah selanjutnya setelah Perbup diterbitkan adalah menetapkan tahap-tahap jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak. "Bulan Juli ini tahapan Pilkades Serentak sudah dimulai," ujar Ismail.

Dijelaskan Ismail, tahaoan Pilkades Serentak ada 4 tahapan. Tahap pertama persiapan, kedua pendaftaran dan penetapan calon, ketiga pemungutan suara dan terakhir penetapan.

''Untuk tahapan persiapan sudah dimulai bulan ini,'' jelasnya. 

Persiapan yang dimaksud, imbuhnya, antara lain pembentukan panitia Pilkades, pengusulan biaya pelaksanaan Pilkades oleh panitia. Kemudian panitia- panitia Pilkades Serentak akan mendapatkan sosialisasi tentang Perbup yang telah diterbitkan. 

"Termasuk peraturan yang lebih tinggi, mulai dari Undang- Undang, Permendagri, Perbup dan Perda. Panitia harus tau semua aturan karena pelaksanaan sepenuhnya ada pada mereka, baik itu penjaringan calon dan pendataan DPT," papar Ismail. 

Diperkirakan proses pelaksanaan Pilkades Serentak, lanjut Ismail, dipastikan akan terlaksana tahun ini.  "Target kita Pilkades Serentak Desember. Jumlah desa yang ikut Pilkades awalnya 94, namun salah satu desa di Pakning sedang kita lakukan pengkajian untuk ikut pilkades serentak," tutup Ismail.

Terpisah, Pj Kepala Desa Sekodi, Khaidir ketika dihubungi mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan Pilkades Serentak yang akan digelar Desember 2016 mendatang. Persiapan dimaksud adalah membentuk kepanitian pemilihan yang berjumlah 7 orang. Menurut Khaidir, sesuai Perbup unsur kepanitian terdiri dari BPD dan organisasi kemasyarakatan.

''Kita telah melakukan rapat persiapan pembentukan panitia pemilihan. Kemudian penyusunan anggaran yang dibutuhkan untuk diajukan ke BPMPD karena anggaran pelaksanaan ditanggung oleh BPMPD. Desa hanya menanggung biaya konsumsi untuk petugas pada hari pemungutan suara,'' ujar Khaidir seraya mengatakan untuk tempat pemungutan suara di Desa Sekodi ada 4 TPS. ***



Tulis Komentar

Agenda Kegiatan